Vaksinasi Door to Door Sasar Kampung Trengginas, Ketua RT Bersyukur Warganya Bisa Dapat Booster

Kegiatan vaksinasi massal dan juga door to door menyasar warga khususnya lansia di Kelurahan Karang Anyar, Sabtu (2/7/2022). ANDI PAUSIAH

 


TARAKAN – Wilayah Kelurahan Karang Anyar kembali digelar  vaksinasi door to door, Sabtu (2/2022).  Kali ini menyasar ke rumah warga yang belum melaksanakan booster atau suntikan ketiga.
Masih instansi yang sama yakni diinisiasi BIN Daerah Kaltara bersama Dinkes Kota Tarakan menyasar sejumlah RT di Kelurahan Karang Anyar khususnya Kampung Trengginas.
Salah satu pantauan TribunKaltara.com yakni, vaksinasi massal dilaksanakan di Posko Kampung Trengginas Karang Anyar dengan menggunakan vaksin Pfizer dan Sinovac.
Sejumlah masyarakat tampak antusias melaksanakan vaksinasi dosis ketiga. Bahkan mereka yang belum vaksinasi dosis pertama dan kedua juga diberikan kesempatan.
Ketua RT Karang Anyar Bersatu, Giarto mewaliki seluruh ketua RT di Kampung Trengginas mengucapkan terima kasih atas bantuan vaksinasi yang diberikan pemerintah Kota Tarakan dan BINDA Kaltara  kepada warga Karang Anyar. 
"Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada Kabinda, karena sudah mau bekerja sama dengan masyarakat Karang Anyar. Bahkan antusias masyarakat juga bagus kami berterima kasih memfasilitasi vaksin 1,2, dan booster ini," kata Giarto. 
Ia mengakui di wilayah kerjanya sendiri memang masih banyak warga belum melaksanakan vaksinasi booster. Dan tidak hanya itu, masih ada sejumlah warga bahkan belum melaksanakan dosis pertama.
Terbukti masih ada yang awal disuntik mengalami kekhawatiran karena belum punya pengalaman. Pihaknya pun berharap ke depan BIN bisa menjadwalkan kembali kegiatan vaksinasi di Karang Anyar.
 "Karena saya perhatikan tadi banyak vaksin satu yang drop out. Jadi saya berharap semoga ada lagi kegiatan vaksinasi ini, apalagi melihat antusias masyarakat tinggi karena banyak warga yang belum booster," harap Giarto.
Sementara itu, salah seorang warga yang diwawancarai awak media mengakui, ikut vaksinasi booster mengingat masih muncul pemberitaa varian baru Covid-19.
“Mumpung dekat dengan rumah saya mereka lakukan door to door, sekalian saya ikut booster,” ungkap Eli.
Untuk diketahui, berbagai upaya dilakukan Badan Inteiljen Negara Daerah Kalimantan Utara (BINDA Kaltara) untuk mengoptimalkan layanan vaksinasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di Kota Tarakan. 
Salah satunya dengan menggandeng RT Karang Anyar Bersatu dan Kampung Trengginas untuk melaksanakan vaksinasi Sabtu 2 Juli 2022 kemarin.
Menurut Kabinda Kaltara Brigjen TNI H.Andi Sulaiman, vaksinasi dilaksanakan dalam rangka memasifkan pelayanan intensif vaksinasi. Pria yang sebentar lagi akan melaksanakan sertijab ini mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi tidak hanya terpusat satu tempat tapi dengan sistem jemput bola atau door to door ke rumah warga. 
“Petugas kantongi data dan mendatangi rumah warga terutama untuk para lansia,” aku Andi Sulaiman.
Selain bekerja sama dengan Dinkes Tarakan dan Kampung Trengginas serta RT Karang Anyar Bersatu, juga tak terlepas dari bantuan KKP Kelas II Tarakan.
“Kali ini vaksinasi menyasar warga yang belum mendapatkan pelayanan vaksin, khususnya masyarakat lansia hingga masyarakat rentan,” kata Kabinda Kaltara Brigjen TNI Sulaiman.
Meski demikian, pihaknya tidak menutup kesempatan kepada kalangan umum, remaja hingga golongan lansia. Kabinda Kaltara terus berupaya mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi serta terus menerus menyosialisasikan pentingnya divaksin guna menjaga kekebalan tubuh.
“Vaksinasi sangat penting bagi masyarakat, baik dosis 1,2, dan booster. Karenanya, kami tidak bosan-bosan mengajak semua pihak untuk mengikuti vaksinasi,” pungkasnya. (*)
Penulis: Andi Pausiah