Puskesmas Tetap Buka Selama Lebaran, Petugas Gunakan Sistem Piket

Berita tayang Serambi Indonesia, Edisi Rabu 27 April 2022, Halaman 14

 
SUKA MAKMUE - Dinas Kesehatan Nagan Raya telah mengintruksikan semua Puskesmas sebanyak 14 unit di kabupaten itu tetap buka selama Lebaran Idul Fitri. Namun petugas medis yang melayani menggunakan sistem piket.
 
Hal itu dikatakan Kadis Kesehatan Nagan Raya, Hj Siti Zaidar SST kepada Serambi, Selasa (36/4/2022). "Puskesmas tetap buka. Petugas siaga sistem piket," katanya.
 
Menurutnya, terhadap dibuka Puskesmas telah disampaikan kepada pejabat Puskesmas sehingga pelayanan medis kepada masyarakat yang membutuhkan tetap terlayani. Selain masyarakat Nagan Raya juga warga yang mudik membutuhkan pertolongan medis dan silakan ke Puskesmas di Nagan Raya.
 
Seperti diketahui, surat edaran libur Lebaran Idul Fitri dan cuti bersama pascalebaran telah diedarkan termasuk di Nagan Raya. Hari terakhir masuk kantor pada Jumat (29/4/2022). Serta kembali masuk kerja sepekan kemudian atau pada Senin (9/5/2022).
 
                      Nihil Corona
Sementara itu, Dinkes Nagan Raya menyatakan, untuk kasus paparan Covid-19 di kabupaten itu sudah dua pekan nihil atau kosong baik yang dirawat atau pun yang kasus baru. "Alhamdulillah, kini nihil saat ini," kata Kadis Kesehatan Nagan Raya, Hj Siti Zaidar.
 
Menurutnya, meski nihil kewaspadaan tetap perlu ditingkat. Untuk ruang pinere RSUD Sultan Iskandar Muda dan Rumah Sehat Covid-19 tetap disiagakan. "Kewaspadaan perlu kita lakukan antara lain terus menerapkan protokol kesehatan," kata Siti.
 
Dijelaskan, jumlah kasus Corona sejak pandemi hingga kini tercatat 627 orang. Dari jumlah itu sebanyak 65 orang meninggal dunia, yang masih positif nihil dan yang selebihnya sudah kembali sembuh.
 
                               Vaksinasi dipacu
Dinkes Nagan Raya menyatakan, untuk vaksinasi Covid-19 di Nagan Raya terus dipacu. Untuk dosis I sudah 95,9 persen, dosis II sudah 69,3 persen dan dosis III atau booster sudah 8,7 persen.
 
Kadis Kesehatan Nagan Raya, Siti Zaidar kembali mengajak warga yang belum vaksinasi untuk divaksin. Selain itu kepada yang belum lengkap segera vaksin lengkap. Sebab, vaksinasi sebagai upaya memperkuat antibodi dari paparan Corona.(riz)