Nagan Raya Adakan Musrenbang Kabupaten

Berita tayang Serambi Indonesia, Edisi Senin 11 April 2022, Halaman 14

 
SUKA MAKMUE - Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Kabupaten (RKPK) tingkat Kabupaten Nagan Raya tahun 2023.  Kegiatan di Aula Hotel Grand Nagan, Jumat (8/4/2022) dihadiri Kepala Bappeda Aceh, HT Ahmad Dadek, Forkopimda, DPRK, pejabat lingkup Pemkab setempat mengangkat tema "Mewujudkan Kemandirian Pangan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 Untuk Pengentasan Kemiskinan serta Memantapkan Pelaksanaan Syariat Islam."
 
Bupati Jamin Idham mengatakan, melalui pelaksanaan Musrenbang RKPK tahun 2023 diharapkkan mampu untuk menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional serta usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang kecamatan dan forum perangkat daerah. Musrembang juga menyelaraskan program dan kegiatan antar lintas SKPK dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah. "Musrenbang RKPK  wadah dalam menampung aspirasi dan usulan dari masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan pembangunan di Nagan Raya," sebut bupati.
 
Kepala Bappeda Aceh, H Teuku Ahmad Dadek menyubutkan bahwa Pemerintah Aceh telah membuat beberapa program antara lain mengurangi kemiskinan, menciptakan masyarakat kreatif dan menciptakan generasi yang  berkompeten serta mampu bersaing. "Adapun program tersebut salah satunya adalah Jaminan Kesehatan Aceh, bea siswa, baik itu mahasiswa berprestasi atau kurang mampu," ujarnya.
 
Kepala Bappeda  Nagan Raya, Rahmattullah mengatakan musyawarah perencanaan pembangunan atau yang lebih dikenal dengan Musrenbang merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah. "Perencanaan tahun 2023 merupakan periode pertama dalam penerapan dokumen Rencana Pembangunan Kabupaten (RPK) Nagan Raya tahun 2023-2026," ujarnya.(riz)