Lokasi Penjualan Daging Terpencar

Berita tayang Serambi Indonesia, Edisi Kamis 31 Maret 2022, Halaman 15

 
SUKA MAKMUE - Daging meugang di Kabupaten Nagan Raya, Rabu (30/3/2022) mulai dijual dengan harga berkisar Rp 180.000/Kg. Namun lokasi penjualan tidak terpusat, tetapi terpencar karena masih pandemi Covid-19.
 
Informasi diperoleh Serambi, Rabu kemarin, penjualan daging meugang akan berlangsung selama 2 hari yakni Rabu dan Kamis. Sedangkan penjualan daging selain kompleks pasar secara terpencar juga di desa-desa.
 
Beberapa pedagang daging yang ditemui di pasar Simpang Peut mengakui bahwa sudah tiga tahun terakhir penjualan daging tidak disediakan lapak khusus oleh Pemkab. "Sehingga penjualan dilakukan bebas titik dengan tetap melapor," kata Andi, seorang pedagang.
 
Data diperoleh menjelaskan, penjualan dilakukan pada semua kecamatan di Nagan Raya. Namun puncak penjualan pada Kamis. Untuk harga pagi hari untuk daging kerbau dan sapi Rp 180 ribu/kg dan jelang siang turun hingga Rp 160 ribu/kg.
 
Plt Kadis Pertanian dan Peternakan Nagan Raya, Tarmizi SP mengatakan, Pemkab tahun ini tidak menyediakan lapak jualan karena menghindari kerumunan. Jadi penjualan dilakukan di desa seperti tahun lalu.
 
Untuk harga jual rat-rata Rp 180 ribu/kg. Sedangkan jumlah ternak yang disembelih di Nagan yang dilaporkan peternak dan pedagang lebih dari 1500 ekor.(riz)