Penumpang Pesawat di Bandara Penuh

Berita tayang Serambi Indonesia, Edisi Kamis 24 Maret 2022, Halaman 15

 
SUKA MAKMUE - Penerbangan di Bandara Cut Nyak Dhien (CND) Nagan Raya semakin meningkat tajam jumlah penumpangnya. Pada Rabu (23/3/2022) pesawat Wings Air jenis ATR dengan kapasitas 72 penumpang baik yang terbang dari Bandara Internasional Kualanamu Sumatera Utara ke Bandara CND atau sebaliknya dalam kondisi penuh.
 
Meningkatnya penumpang menyusul syarat penerbangan tidak wajib PCR/antigen dan hanya memperlihat sertifikat vaksib dosis II atau booster (dosis III) yang penerbangan dalam negeri. Penerbangan di Bandara CND dilayani sepekan tiga hari yakni Rabu, Kamis dan Sabtu serta ke depan sudah disusul penambahan.
 
Kadis Perhubungan Nagan Raya, Drs Mahdali kepada Serambi, kemarin jumlah penumpang yang menggunakan layanan di Bandara CND jauh meningkat. "Hari ini, pesawat penuh," kata Mahdali yang hadir di bandara mendampingi Sekda Ardimarta ke Jakarta melalui Bandara CND.
 
Menurut Mahdali, meningkat jumlah penumpang dengan adanya kemudahan syarat penerbangan yakni penumpang hanya cukup memperlihatkan surat sertifikat vaksin dosis II atau booster Covid-19. Sebab dengan sertifikat itu yang terbang dalam negeri tidak perlu PCR/antigen.
 
Mahdali kembali mengajak masyarakat, pebisnis serta ASN yang akan ke Jakarta atau ke Medan untuk menggunakan layanan penerbangan di bandara CND. Sehingga dengan tinggi minat maka ke depan diharapkan layanan penerbangan dapat dibuka setiap hari seperti sebelum tsunami lalu. "Saat ini juga sudah diusul tambahan jadwal terbang menjadi empat hari dalam sepekan. Kita doakan terus mengeliat di bandara CND," katanya.
                       Layangkan surat
Kadis Perhubungan Nagan Raya, Mahdali menyatakan, Pemkab Nagan Raya telah menyiapkan surat guna dilayangkan ke pihak Bandara Kualanamu dan Bandara CND serta sejumlah kementerian. Sebab saat ini penerbangan sering menyebut Meulaboh, sehingga ke depan disebut Nagan Raya.
 
Dengan penyebutkan Nagan Raya akan lebih lengkap. "Kita akan upayakan bandara terus berkembang. Sebab bandara CND merupakan kelas II," ujar Mahdali.(riz)