Putus Penyebaran Covid-19, Polres Sidrap Aktif Gairahkan Vaksin Herd Immunity

Harian Berita Kota Makassar, Edisi Sabtu 15 Januari 2022, Halaman 02

 

SIDRAP, BKM -- Kegiatan Vaksinasi Covid-19 secara massal terus di giatkan jajaran personil Polres Sidrap.

Salah satunya, personil Mapolsek Maritengngae dan Polsek Panca Lautang, Polres Sidrap, Polda Sulsel.

Seperti halnya di Desa Kanie, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Polsek Maritengngae yang dipimpin langsung Kapolsek AKP Muh Takdir Andi bersama jajarannya melakukan pembentukan imun tubuh pada masyarakat setempat melalui Gerai Vaksin Massal, Jumat (14/01) kemarin.

Vaksinasi tersebut turut dipantau langsung Bupati Sidrap H.Dollah Mando serta didampingi Kabagops AKP Nasri, S. Sos, Camat Maritengngae Dts. Mustari Kadir, MSi, BKTM Kanie AIPDA H. Syamsir serta Kades Kanie Abd madjid, SE, MSi.

Adapun masyarakat hadir mencapai sekitar 300 orang ikut diberikan anti bodi vaksin jenis Sinovac dan Fpizer tahap kedua, di gerai di Kantor Desa Kanie.

Adapun tujuan kegiatan tersebut, selain membantu pemerintah dalam menuntaskan percepatan vaksin Herd Immunity secara menyeluruh di Kabupaten Sidrap, juga bertujuan memberikan edukasi kepada warga masyarakat tetap disiplin Prokes meskipun sudah divaksin.

"Kita memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat pemberian vaksinasi karena vaksinasi aman dan halal dan bukan racun bagi kesehatan tubuh  melainkan anti body yang bisa terhindar dari bahaya Covid-19,"ungkap Kapolsek Maritengngae.

Selain itu, lanjut dia, juga memberikan pendekatan secara persuasif yaitu membujuk mempengaruhi kepercayaan dan harapan warga masyarakat bersifat mendidik terhadap warga terkhusus yang belum di vaksin.

"Apabila ada warga masyarakat yang kedapatan belum pernah di vaksin akan di antar langsung oleh personil untuk di vaksinasi. Juga kita terus mengedukasi dan  himbauan untuk tetap menggunakan masker khususnya saat berada diluar lingkungan," lontarnya.

Polsek Panca Lautang Vaksin di Bilokka

Dihari yang sama, hal serupa juga digiatkan jajaran personil Polsek Panca Lautang.

Di wilayah Selatan kabupaten Sidrap ini, Gerai Vaksin Herd Immunity dipusatkan di Kelurahan Bilokka, kecamatan Panca Lautang, Sidrap dengan melibatkan Kepala Puskesmas Bilokka Hj. Sukmawati dengan koordinator Vaksinasi Muh Amir.

Adapun giat Vaksinasi di Kantor Puskesmas Bilokka di peruntukkan Bagi masyarakat sebanyak 196 orang dengan rincian Dosis Pertama yakni Lansia 1 orang, Masyarakat Umum 4 orang, Remaja 2 orang dengan Total 7 orang.

Sementara pada Dosis Kedua, sebanyak 189 orang telah diberi imun kekebalan tubuh dengan rincian masyarakat umum 117 orang, Lansia 49 orang, dan Remaja 23 orang.

Kapolsek Panca Lautang, AKP Muh Irsal,S.SH mengatakan dalam pelaksanaan giat tersebut, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

"Untuk masyarakat Panca Lautang, yang belum divaksin segera datang ke Puskesmas Bilokka. Kami setiap saat akan membantu masyarakat jika ingin divaksin,"tandas Irsal mengingatkan. (ady/c)

Penulis : Purmadi

Editor : Irwan Lupus