Adnan Target Maret Vaksinasi Covid-19 Tembus 100 Persen

VAKSINASI. Kegiatan vaksinasi di Kabupaten Gowa terus dilakukan hingga memasuki awal 2022 ini

 
GOWA, BKM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menargetkan cakupan vaksinasi covid-19 rampung 100 persen di akhir Maret mendatang baik dosis pertama maupun dosis kedua.
 
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menegaskan itu saat memimpin rapat koordinasi percepatan vaksinasi covid-19 menuju 100 persen di gedung Mulia 786 Samata, Senin (10/1) sore.
 
Saat ini kata Adnan, cakupan vaksinasi covid-19 Kabupaten Gowa untuk dosis pertama itu sebesar 70,68 persen sedang dosis kedua sebesar 36.75 persen 
 
Karena itu, Adnan menargetkan cakupan vaksinasi bisa rampung 100 persen pada Maret nanti. Khusus dosis pertama diharapkan rampung pada Februari.
 
" Sesuai kebijakan pemerintah pusat, untuk dosis pertama ditarget rampung 100 persen pada akhir Februari sedangkan dosis kedua harus rampung akhir Maret mendatang, " kata Adnan. 
 
Adnan mengungkapkan khusus dosis pertama, agar mencapai 100 persen, Kabupaten Gowa memiliki target 29,32 persen atau 174.104 jiwa yang harus sudah divaksin pada akhir Februari mendatang.
 
"Untuk dosis pertama ini, kita punya waktu sekitar 41 hari sesuai hari kerja. Kalau kita ingin mencapai 100 persen, maka setiap hari yang kita vaksin sebanyak 4.246 orang atau 26 orang per desa dan kelurahan," kata bupati lagi. 
 
Sedangkan vaksin dosis kedua lanjut Adnan, untuk mencapai 100 persen pada akhir Maret mendatang maka jumlah masyarakat yang harus divaksin 375.604 dengan target 5.691 orang per hari.
 
"Dosis kedua ini kita diberi target sampai akhir Maret atau sekitar 66 hari. Jika sebanyak 375.604 orang ini dibagi 66 hari, maka sebanyak 5.691 yang harus kita vaksin setiap harinya atau 34 orang per desa dan kelurahan yang wajib divaksin setiap hari," ungkapnya.
 
Adnan pun berharap apa yang menjadi target dari pemerintah pusat bisa dicapai oleh Kabupaten Gowa. Olehnya itu, dirinya meminta agar seluruh pihak bisa bekerjasama dan berkordinasi dengan baik.
 
"Jadi saya harap kita dapat bekerjasama melakukan pembagian target supaya kita betul-betul bisa mencapai 100 persen," harapnya. 
 
Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) yang juga Jubir Satgas Covid-19 Gowa menyebutkan hingga awal Januari ini pihaknya terus melakukan percepatan vaksinasi mulai di tingkat kabupaten hingga kecamatan dan desa kelurahan. 
 
" Hal ini dilakukan demi mempercepat cakupan vaksinasi kita. Kita berharap sasaran 500 ribu jiwa lebih warga Gowa bisa tuntas tervaksin, " kata dr Gaffar. (sar)