Satu Warga Dramaga Positif Omicorn, Sekda Tinjau Vaksinasi Anak

Petugas kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada seorang anak SD di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor

 

Bogor,- Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor, memasuki awal tahun 2022 ini makin digencarkan, targetnya anak-anak usia 6 sampai 11 tahun. Selasa (11/01) pelaksanaan program yang bertujuan mengakhiri pandemi Covid-19 itu  di Cibinong, dipusatkan di SDIT Al – Madinah dan ditinjau Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin bersama Komandan Korem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi, serta Komandan Kodim 0621 Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara.

“Vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun ini, kita targetkan selesai awal April mendatang atau sebelum Ramadhan. Total anak yang menjadi target vaksinasi ada sekitar setengah juta lebih,”kata Burhanudin.

Percepatan vaksinasi pada anak ini, sebut Burhanudin, sekaligus langkah antisipasi adanya gelombang ketiga Covid-19 varian baru Omicron. Di mana berdasarkan laporan yang masuk ke Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, di Kabupaten Bogor ini sudah ada satu warga tepatnya di Kecamatan Dramaga, terditeksi positif Omicron.

“Kita  telah sebarkan surat edaran kepada Satgas Covid-19 kecamatan dan desa. Bahkan Dinas Kesehatan juga sudah memberikan surat edaran kepada seluruh Puskesmas di Kabupaten Bogor. Kemudian Dandim 0621 lewat Danramil dan Babinsa, serta Kapolres lewat Kapolsek di Kabupaten Bogor untuk mewaspadai bahaya penyebaran Omicron,”ujar Burhanudin, dalam keterangan tertulisnya yang disebar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Burhanudin, di lokasi vaksinasi anak tetap mengingatkan warga tidak abai dengan protokol kesehatan, kenapa ? karena cara ini masih yang paling ampuh menangkal serangan Covid-19 termasuk varian baru Omicorn, selain vaksinasi.

“Dalam suasana PPKM Level 2 ini, saya tidak bosan mengingatkan dan menghimbau masyarakat

agar waspada dan senantiasa mematuhi protokol kesehatan, apalagi sampai saat ini masyarakat yang terkonfirmasi Varian Delta saja masih ada per hari mencapai 3-4 orang,”ungkapnya

 Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi menuturkan, peninjauan dilakukan untuk melihat langsung pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 oleh seluruh jajaran Kodim dan Korem 061/SK secara serentak salah satunya, di SDIT Al-Madinah Kecamatan Cibinong. Selain vaksinasi anak dilakukan juga pemberian bantuan sosial serentak dari istri Panglima TNI.

"Untuk vaksinasi Selasa ini ada 2.670 anak yang dilakukan di lima wilayah Korem. Vaksinasi anak di Kabupaten Bogor bisa terlaksana karena capaian vaksinasinya sudah 72 persen lebih dan Kota Bogor sudah 102 persen,  sehingga kita bisa melaksanakan vaksin anak," bebernya.

Brigjen Fauzi menyampaikan, vaksinasi anak di Kabupaten Bogor, pihaknya telah melaksanakan vaksinasi sebanyak  52.790 dari total target 553.605 atau sekitar 9,54 persen. 

"Kita juga fokus terhadap upaya pencegahan dan penanganan penyebaran varian Omicron khususnya di Kabupaten Bogor. Dari 5 wilayah Korem satu terkonfirmasi positif yakni warga Dramaga. Ada 10 orang yang kontak erat dan  sudah melakukan PCR. Alhamdulilah negatif hanya satu orang yang terkonfirmasi positif saat ini sedang menjalani karantina dan isolasi mandiri," tutupnya.

 

Mochamad Yusuf