Babinsa Kawal Vaksinasi Door To Door

FOTO IST RADAR SAMPIT/VAKSNIASI : Personel Babinsa Koramil 1016-01 Pahandut Pelda Yulianto mendampingi petugas kesehatan melaksanakan vaksinasi secara door to door.

 

PALANGKA RAYA- Penyebaran Covid-19 yang terus melandai bukan berarti penanganan mengendur.Sebaliknya upaya mencegah kembali mengganasnya virus tersebut terus dilakukan, salah satunya mengencarkan vaksinasi untuk menciptakan kekebalan kelompok.

 

Pelaksanaan vaksinasi itu juga dikawan aparat.P ersonel Babinsa Koramil 1016-01 Pahandut Pelda Yulianto mendampingi petugas kesehatan melaksanakan vaksinasi secara door to door.

 

 

Vaksinasi ini dilaksanakan petugas medis di wilayah Puskesmas Pahandut di Jalan Darmo Sugondo, Kelurahan Pahandut, Jumat (3/12). Yang sekaligus terus mengedukasi masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara optimal, sebab pandemik Covid-19 masih belum berakhir.

 

"Kami di lapangan tanpa lelah melakukan edukasi prokes. Termasuk mendampingi vaksinasi Covid-19. Untuk hari ini, Jumlah target yang divaksin Dosis 1 dan 2 menggunakan Pfizer sebanyak 60 orang dan Dosis 1dan 2 jenis Sinovac 100 orang. Kami mengawal jalannya vaksinasi rumah ke rumah ini dan semuanya berjalan lancar," katanya. Yulianto.

 

Dia menekankan,sebagaimana manfaat dari vaksin lainnya, vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh.

 

"Oleh sebab itu, meski sudah divaksin Covid-19, kita wajib tetap menjalankan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona," tegasnya.

 

Dia menambahkan, Keberlanjutan program vaksinasi ini menjadi kabar baik di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Kedatangan petugas medis ke rumah-rumah ini pun disambut antusias masyarakat.

 

"Vaksinasi Covid-19 memang tidak membuat kita 100 persen kebal dari Covid-19. Tapi, vaksinasi Covid-19 akan mengurangi dampak yang ditimbulkan jika kita tertular.” Tutupnya.

 

Sementara itu, salah satu warga penerima, Wati mengatakan bahwa langkah tersebut sangat patut diapresiasi, terlebih vaksinasi dilakukan dari rumah ke rumah sehingga masyarakat lebih mendapatkan informasi tentang vakinasi tersebut.

 

“Kami senang bisa mendapaatkan vaksinasi. Sebab, tim medis juga menjelaskan bagaimana maanfaaat vaksin dan memang sudah dinyatakan halal  serta sehat.” pungkasnya.

 

Sementara itu, pengawal juga dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Pahandut Seberang Aiptu Tutut Ari Bowo dalam kegiatan Vaksinasi Massal di jalan Bukit Rawi Km 3.

Tutut Ari Bowo mengatakan pengamanan yang dilaksanakan adalah untuk menjalin kemitraan antara Polri dengan masyarakat untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif dan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang virus COVID-19 masih ada.

 

“Dengan dilaksanakan Vaksinasi Massal yang ke 1 dan 2, masyarakat yg terdapat di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19.” tandasnya.(daq)

Daq adalah dodi, sejak awal ubah laku.