Reihana Minta Daerah Kebut Vaksinasi dan Pelaporan

Reihana Minta Daerah Kebut Vaksinasi dan Pelaporan

 

JUBIR Satgas Penanganan Covid-19 Lampung Reihana meminta agar pemerintah kabupaten/kota mempercepat vaksinasi dan pelaporan. Pasalnya, distribusi vaksin dari Kementerian Kesehatan dilakukan berdasarkan data penggunaan vaksin yang terlapor.

 

Ia mengungkapkan, saat ini terjadi perlambatan distribusi vaksin dari Kemenkes. Dengan situasi saat ini, menurutnya, cakupan vaksinasi di akhir Desember baru mencapai 70%.

 

Ia mengungkapkan secara total Lampung baru menerima 7.232.023 dosis vaksin. Jumlah itu hanya bertambah 709.313 dosis sejak 10 November yang berjumlah 6.522.710.

“Sebelumnya penerimaan vaksin bisa mencapai 500 ribu dosis dalam satu minggu,” kata Kadinkes Lampung itu, Selasa (23/11).

 

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengejar capaian dosis kedua vaksin Sinovac. Sebab total vaksinasi dosis kedua di Lampung baru mencapai 31,43%.

 

Meskipun demikian, Lampung berada di peringkat ke 16 capaian vaksinasi dosis pertama secara nasional yakni 61,07%. Peningkatan karena percepatan dan strategi yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir.

 

“Kalau tidak ada strategi tidak mungkin Lampung naik dari peringkat 34 bisa ke 16,” kata dia.

 

Untuk itu, ia berharap agar setiap daerah bisa saling bekerja sama untuk menaikkan cakupan vaksinasi. (CR1/S1)