Akibat UMKM Terdampak Pandemi, Usaha Rumah Kemasan Belum Maksimal

Bukti Tayang

 

Akibat UMKM Terdampak Pandemi, Usaha Rumah Kemasan Belum Maksimal


Tanahdatar, Padek-- Rumah Kemasan milik Pemkab Tanahdatar yang terletak di Jalan Dt Bandaro Kuniang, Jorong Kubu Rajo,  Nagari Limakaum,  Kecamatan Limakaum harus menjadi penyokong bagi UMKM Tanahdatar pada umumnya. Karena sejak beberapa tahun berdiri,  manfaat dari Rumah Kemasan tersebut masih belum dirasakan.

"Ini harus menjadi catatan oleh Direktur Perumda agar Rumah Kemasan ini bisa menghasilkan. Sebenarnya Rumah Kemasan ini memiliki potensi yang sangat besar untuk memproduksi kemasan produk yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM kita. Namun kita tidak tahu masalahnya ada dimana, sehingga para pelaku UMKM malah membeli kemasan untuk produknya di Jawa. Sebenarnya kalau mereka pesan ke Jawa tentu yang ditanya berapa banyak pesanannya, karena ini kaitannya dengan harga dan ongkos kirim," ujar Richi Aprian saat berkunjung ke Rumah Kemasan,  Sabtu (27/11) kemarin.


Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian yang datang bersama Ketua GOW Ny. Patty Richi Aprian, saat berada di Rumah Kemasan langsung mengecek kondisi mesin dan menanyakan langsung mesin apa saja yang ada kepada Direktur Perumda. Dan dari hasil tinjauan dan diskusi yang dilakukan Wabup menyimpulkan bahwa mesin-mesin yang ada Rumah Kemasan masih layak dan dalam kondisi baik. 

Setelah melihat langsung Wabup Richi katakan, sebenarnya alat-alat dan mesin yang ada di Rumah Kemasan mampu mencetak hampir semua bidang cetakan, namun yang jadi pertanyaan kenapa saat ini tidak menghasilkan. 

"Harapan kita dengan adanya kerjasama nanti ada yang harus diperbaiki, sehingga Rumah Kemasan ini bisa menghidupi dirinya sendiri dan memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat. Karena tujuan dibentuknya Perumda salah satunya untuk mencari keuntungan, dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," tambah Wabup Richi. 

Lebih lanjut disampaikan Wabup Richi, Rumah Kemasan juga harus mampu bekerjasama dengan pihak swasta yang bergerak dibidang percetakan, dengan harapan UMKM yang ada di Tanahdatar bisa lebih terbantu dengan harga yang lebih murah dan kualitas produk yang tidak kalah. Dan yang paling harus digarisbawahi menurut Wabup Richi, kehadiran Rumah Kemasan harus dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM di Tanahdatar. 

"Jadi para pelaku UMKM kita, ayo pesan kemasan produknya disini, dijamin kualitasnya bagus dan harganya bisa bersaing," ajak Richi Aprian. 

Kepada pihak Rumah Kemasan Wabup juga meminta untuk bisa memasarkan kehadirannya dan menjaga kualitas pekerjaannya, Rumah Kemasan juga diminta untuk melihat trand terbaru yang dibutuhkan masyarakat. 

"Mudah-mudahan ini bisa, kan sayang alat-alat kita bagus namun kurang bisa dimanfaatkan dengan baik," tukas Wabup Richi. 

Sementara Direktur Perumda Tuah Sepakat Arismen mengatakan, jika Pemerintah Daerah sebagai pemilik modal harus mengetahui kondisi dilapangan, dan ini juga menjadi motivasi bagi agar kedepan bisa lebih baik lagi. 

Arismen juga sampaikan semenjak Rumah Kemasan diserahkan pengelolaannya ke Perumda tidak lama berselang pandemi covid 19 pun melanda negeri ini, sehingga UMKM sebagai pendukung utama juga ikut down. 

"Ini menjadi faktor utama mengapa Rumah Kemasan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, kedepan insya Allah Rumah Kemasan akan bangkit lagi seiring dengan bangkitnya UMKM di Tanahdatar," terang Arismen. (Stg)

 

Note: Stg adalah kode berita saya,  dengan nama Nanda Anggara