Kembali Turun ke Purworejo, BIN Jateng Bantu Kejar Capaian Vaksinasi

TINJAU. Kabag Ops BIN Daerah Jateng bersama jajarannya memantau pelaksanaan vaksinasi di MTs N 1 Purworejo, kemarin.

 

PURWOREJO- Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Jawa Tengah kembali turun ke Purworejo untuk melaksanakan vaksinasi massal lanjutan bagi pelajar, santri, dan masyarakat umum secara door to door. Hal itu dilakukan guna mengejar ketertinggalan capaian rata-rata Purworejo yang lebih rendah dari capaian rata-rata Jawa Tengah.

Kabag Ops BIN Daerah Jateng, Wara Winahya, menyebut perkembangan capaian vaksinasi per 23 November 2021 untuk Provinsi Jawa Tengah sudah mencapai 69,03 persen, sedangkan di Kabupaten Purworejo hingga saat ini baru mencapai 58,41 persen.

“Kondisi ini dirasa masih belum ideal sehingga perlu upaya seluruh pihak mempercepat program vaksinasi di wilayah ini,” katanya usai meninjau lokasi vaksinasi di MTs Negeri 1 Purworejo pada Kamis (25/11).

Vaksinasi kali ini merupakan vaksinasi dosis kedua setelah sebelumnya pada 28 Oktober 2021 lalu pihaknya juga menggelar vaksinasi.  Vaksinasi lanjutan ini dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan BIN dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan program vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, kali ini sebanyak 4.000 dosis vaksin jenis Sinovac untuk Kabupaten Purworejo kembali disiapkan. Lokasi pelaksanakannya tersebar di 4 titik, yakni Ponpes Nuril Anwar  Desa Maron Kecamatan Loano dan MTsN 1 Purworejo.

“Sementara vaksinasi door to door, dilaksanakan  di Desa Ngaran dan Desa Kaligono, keduanya di Kecamatan Kaligesing,” jelasnya.

Adanya program vaksinasi tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat memberikan harapan besar kepada pelajar dan santri untuk terlaksananya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) serta mencegah terjadinya cluster pelajar. Sementara itu vaksinasi door to door diharapkan memudahkan masyarakat mengakses vaksin. terutama daerah yang sulit dijangkau, mengurangi potensi kerumunan, serta telah terbukti dapat meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Binda Jateng mengharapkan kepada pelajar, santri dan masyarakat, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat pandemi belum berakhir. Untuk libur Nataru 2022 pelajar dan masyarakat dihimbau dapat menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah untuk menekan persebaran Covid-19,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Mranti, Aswita Damayanti, mengatakan bahwa capaian vaksin 70 persen di Kabupaten Purworejo ditargetkan akan selesai pada akhir Desember 2021. Menurutnya, untuk mencapai PPKM level 1 daerah harus mencapai 70 persen capaian vaksinasinya.

“Pemkab telah berupaya melakukan percepatan vaksinasi di masyarakat secara door to door, harapannya capaian vaksinasi di Purworejo bisa meningkat dan mencapai target sehingga level covid-19 bisa segera turun ke level 1,” katanya. (top)