Level PPKM Turun, Masyarakat Diminta Tetap Patuhi Prokes

Kedaulatan Rakyat (26/11) - M Taslim Hadi

 

 

Level PPKM Turun, Masyarakat Diminta Tetap Patuhi Prokes

GROBOGAN (KR) – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Grobogan kembali lagi ke level 2 sejak pekan lalu. Sebelumnya, status Kabupaten Grobogan berada di PPKM level 3 selama satu bulan lebih.  Salah satu hal yang menyebabkan statusnya turun ke level 2 adalah meningkatnya capaian vaksinasi Covid-19 di daerah itu.

“Ketika PPKM naik level 3 disebabkan karena persentase vaksinasi Covid-19 dosis satu masih di bawah 50 persen dari target sasaran. Saat ini Kabupaten Grobogan sudah kembali ke level 2 karena ketercapaian vaksinasi sudah mencapai 761.664 orang atau 66,79 persen dari total sasaran vaksinasi sebanyak 1.140.272 orang. Sedangkan capaian total vaksinasi dosis dua sudah mencakup 352.580 orang atau 30,92 persen,” ungkap Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni SH MM, Kamis (25/11).

       Ketika PPKM naik level 3 pada awal Oktober 2021 lalu, jelas b upati, capaian total vaksinasi dosis satu baru 31,70 persen dan dosis dua 14,06 persen. Meski sudah turun ke level 2, bupati tetap mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi belum berakhir. Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari agar terhindar dari penularan Covid-19.

“Laskanakan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Dengan cara itu, kita berharap kasus positif korona di Grobogan akan menurun,” harapnya.

Terpisah, Sekretaris Satgas Covid-19 Grobogan Endang Sulistyoningsih ST MT, menambahkan, perkembangan kasus korona di daerahnya pada Kamis (25/11) nihil. Baik kasus baru, sembuh maupan pasien meninggal nihil. “Tentunya perkembangan hari ini, dan dalam beberapa pekan terakhir cukup menggembirakan,” jelasnya.

Saat ini, kasus Covid-19 aktif di daerahnya hanya tinggal ada empat orang. Mereka dirawat di ruang isolasi rumah sakit. Yakni, dua orang di RSUD Dr R Soedjati Purwodadi dan dua orang lagi di RS Islam Purwodadi. Dengan perkembangan itu, total kasus Covid-19 secara komulatif di Kabupaten Grobogan  tercatat 7.388 kasus, sebanyak 6.638 diantaranya sembuh, dan 744 orang meninggal. (Tas)