Sambas Urutan Enam Se Kalbar

dr Fatah/Pontianak Post- Fahrozi

 

Sambas Urutan Enam Se Kalbar

SAMBAS – Capaian vaksinasi di Kabupaten Sambas, terus meningkat. Sesuai data cakupan se  Kalimantan Barat per 19 November 2021, Kabupaten Sambas berada di urutan keenam dari 14 kabupaten dan kota di provinsi ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas mengatakan dirinya sempat malu saat rapat di Pontianak, terkait dengan cakupan vaksinasi di Kabupaten Sambas yang sempat paling sedikit kedua se Kalbar.

Namun sesuai arahan Bupati Sambas selaku Ketua Satgas kabupaten, vaksinasi harus terus digencarkan, sehingga Sambas sekarang berada di urutan keenam. "Data per 19 November 2021, Sambas sudah berada diurutan keenam untuk kabupaten dan kota se Kalbar," kata Fatah, Rabu (24/11).

Dimana sesuai data tersebut, Kabupaten Sambas dengan sasaran 446.672, yang sudah ikuti vaksin dosis pertama sebanyak 211.182, kemudian yang sudah divaksin dosis kedua sebanyak 115.258. "Sekarang dari jumlah sasaran, persentase rata-rata warga yang sudah divaksin diangka 36,54 persen dari sasaran," kata Fatah. Raihan tersebut, diatas Kabupaten Sintang, Melawi, Ketapang, Kapuas Hulu, Mempawah, Kubu Raya, Landak dan Kayong Utara (terkecil).

"Kabupaten Sambas bisa menyalip Kabupaten Sintang untuk jumlah capaian angka terget vaksinasi," katanya. Fatah menyebutkan, diawal-awal vaksinasi, Kabupaten Sambas terendah kedua. Kemudian naik ke urutan ke tujuh dan terbaru di posisi keenam. "Ini adalah semangat dari Ketua Satgas Kabupaten Sambas yang merupakan Bupati Sambas, yang terus menggenjot vaksinasi di Kabupaten Sambas," katanya.

Posisi keenam, disampaikan Fatah, tak akan menjadi kebanggaan. Namun vaksinasi harus terus digencarkan, termasuk dengan sosialisasi kepada seluruh pihak untuk selalu kenakan masker jika beraktivitas diluar rumah.

"Sesuai arahan Bupati Sambas, vaksinasi akan terus digencarkan, smeua pihak diharapkan turut mendukung kesuksesan vaksinasi yang menjadi upaya memutus mata rantai penyebaran covid 19," katanya. Terlebih, capaian Kabupaten Sambas masih dibawah Kota Pontianak, Kota Singkawang, Bengkayang, Sekadau dan Sanggau.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H Arifidiar mengapresiasi capaian vaksinasi di Kabupaten Sambas yang mengalami peningkatan. Dirinya menggharapkan, hal tersebut harus terus ditingkatkan demi tercapainya herd immunity di Kabupaten Sambas.

“Semua pihak harus mendorong kesuksesan vaksinasi di Kabupaten Sambas. Kami di DPRD juga akan memberikan dukungan, bahkan tak jarang jika ada vaksinasi, kami datang untuk sekadar memantau dan memberikan motivasi,” kata Arifidiar.

Bupati Sambas, H Satono mengatakan kepada seluruh Satgas, baik di kabupaten hingga desa, untuk terus bersemangat melaksanakan vaksinasi. “Pelaksanaan vaksinasi memang tergantung ketersediaan vaksin, kami di kabupaten akan terus berkoordinasi ke provinsi dan pusat terkait suplai vaksin, sehingga capaian vaksinasi di Kabupaten Sambas terus meningkat,” katanya. Orang nomor satu di Kabupaten Sambas ini juga sudah meminta kepada kepala desa, untuk menjadi contoh bagi masyarakat diwilayahnya masing-masing untuk ikut disuntuk vaksin.(fah)