Cegah Penyebaran Covid-19, Hindari Kerumunan dan Patuhi Prokes

ilustrasi

 

SETIAP orang bisa menjadi carrier virus Corona dan tidak diketahui tanda-tandanya secara fisik bila tanpa gejala, sehingga Babinsa jajaran Kodim 1626/Bangli, seperti yang dilakukan personel Koramil 1626-01/Bangli yang gencar memberikan imbauan untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19, salah satunya dengan menghindari kerumunan, agar tidak terpapar Covid-19.

Penerapan panduan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman) juga 3T (tracing, testing, dan treatment) ini diharapkan bisa meminimalisir munculnya klaster baru penyebaran Covid-19. Tanpa mengesampingkan aspek spiritualitas umat saat melaksanakan persembahyangan di Pura Dalem Tengaling di Desa Adat Guliang Kangin, Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Senin (22/11). 

Peran, keterlibatan, dan kepedulian Babinsa tersebut bertujuan untuk mendukung penuh langkah pemerintah yang membatasi mobilitas penduduk, termasuk ketika melakukan sembahyang guna menekan laju penyebaran Covid-19. Bahkan, Babinsa Kodim 1626/Bangli berkomitmen untuk menekan kasus Covid-19 bersama instansi terkait dan pecalang untuk selalu melakukan pengawalan dan pendampingan (walping) terhadap sejumlah umat yang melaksanakan persembahyangan atau upacara adat di pura. 

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana, SIP mengimbau dan mengajak masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara ketat saat melakukan persembahyangan sebagai langkah tepat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, seperti dengan membatasi jumlah umat yang sembahyang di dalam pura dan memastikan tidak terjadi kerumunan.

Sedangkan, Babinsa Desa Tembuku Sertu I Nyoman Jujur Margantara melaksanakan edukasi dan mengingatkan sejumlah warga yang sedang melakukan pemasangan lampu penerangan jalan di Jalan Raya Tembuku, Senin kemarin. Hal serupa dilakukan Babinsa Koramil 1626-02/Susut Kodim 1626/Bangli secara rutin menyampaikan imbauan dan edukasi prokes Covid-19 kepada masyarakat di desa binaannya, yang beraktifitas di luar rumah dan pertokoan di wilayah Kecamatan Susut.

“Kami tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19. Para personel di lapangan juga dibekali dengan masker untuk dibagikan kepada warga, sambil mengingatkan masyarakat akan pentingnya memakai masker guna melindungi diri pribadi, keluarga, dan orang lain tentang bahaya penularan Covid-19”. ujar Dandim Bangli.jok/vtr