Kolaborasi Percepat Target Vaksinasi

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Lampung bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Pemerintah Kabupaten Pesawaran melakukan vaksinasi, Minggu (10/10).

 

SEMUA pihak di Lampung, baik pemerintah, swasta hingga organisasi masyarakat di berbagai daerah terus berkolaborasi untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi di Bumi Ruwa Jurai.

Pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota berupaya agar pusat memenuhi pasokan vaksin hingga akhir Desember 2021. Sementara seluruh instansi pemerintah maupun swasta dan ormas mendistribusikan vaksin hingga terinjeksi ke seluruh lapisan masyarakat.

Kolaborasi itu dilakukan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Lampung bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Minggu (10/10). 

Mereka menggelar vaksinasi untuk 1.000 petani yang ada di Bumi Andan Jejama. “Hari ini HKTI bekerja sama dengan Apindo dalam pelaksanaan vaksinasi untuk petani dan masyarakat umum. Memang saat ini perlu adanya kerja sama dari semua kalangan dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi di Provinsi Lampung,” ujar Ketua HKTI Provinsi Lampung Umar Ahmad saat meninjau pelaksanaan vaksinasi petani di Desa Kebagusan, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran.

Ia menjelaskan pelaksanaan vaksinasi untuk petani ini baru pertama kali dilaksanakan di Pesawaran. Rencananya HKTI melanjutkan vaksinasi ke kabupaten/kota yang ada di Lampung.
 
“Untuk Pesawaran kami berikan 1.000 dosis vaksin, dan rencananya kami akan membagikan 21 ribu dosis vaksin ke seluruh kabupaten/kota yang ada di Lampung,” ujar dia.

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro juga berkolaborasi menggelar vaksinasi
massal bagi 3.600 warga guna mencapai target herd immunity.

Wali Kota Metro Wahdi Sirajuddin mengatakan vaksinasi massal merupakan
hasil kolaborasi pemerintah setempat bersama lima organisasi profesi kesehatan yang bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Negara Indonesia (BNI).

“Ini vaksinasi Covid-19 tahap I jenis Sinovac untuk warga masyarakat Kota Metro dangan target 3.600 dosis. Vaksinasi berlangsung selama tiga hari. Mulai dari tanggal 9, 11, 12 Oktober 2021,” kata Wahdi di lokasi vaksinasi gedung Sesat Agung Bumi Sai Wawai.

Di Pringsewu, pemkab bersama Polres dan TNI juga menggelar vaksinasi massal sejak Sabtu (9/10) hingga Senin (11/10) dengan target 6.050 dosis.

Wakapolda Tinjau

Sementara itu, Wakapolda Lampung Brigjen Subiyanto bersama jajaran juga meninjau pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal di Way Kanan, kemarin.

Wakapolda menjelaskan giat vaksinasi dengan sasaran 1.000 masyarakat umum ini, digelar untuk mewujudkan herd immunity di masyarakat. Brigjen Subiyanto juga mengajak masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan meskipun sudah mengikuti vaksinasi.
Demikian juga jajaran Polres Lampung Barat yang berkolaborasi
dalam pelaksanaan vaksinasi di Lampung Barat dan Pesisir Barat.
(IKZ/WID/CR3/ELI/S1)