Ika Unmul dan Poltekkes Kaltim Gelar Vaksinasi Covid-19 Untuk Mahasiswa dan Warga Samarinda

Vaksinasi massal garapan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mulawarman (Ika Unmul) bekerjasama dengan Poltekkes Kaltim

 

Ika Unmul dan Poltekkes Kaltim Gelar Vaksinasi Covid-19 Untuk Mahasiswa dan Warga Samarinda

SAMARINDA - Panasnya terik matahari Sabtu pagi (16/10/2021)  tidak menyurutkan antusiasme ratusan warga Samarinda yang  hadir di di Plenary Convention Hall komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, untuk mengikuti vaksinasi massal garapan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mulawarman (Ika Unmul) bekerjasama dengan Poltekkes Kaltim, TNI-Polri dan Dinas Kesehatan Kota Samarinda.

Kegiatan vaksinasi dibuka oleh Gubernur Kaltim Isran Noor dalam rangka Dies Natalies Universitas Mulawarman ke-59 dan HUT TNI ke-76, sekaligus upaya percepatan vaksinasi di Kalimantan Timur khususnya kota Samarinda khususnya mahasiswa dan alumni unmul.

"Kegiatan vaksinasi sinergitas Geber IKA Unmul dan Poltekes Kaltim, upaya kita dalam percepatan penanganan Covid-19 ini dapat optimal, Untuk itu, perlu dukungan dan kerjasama semua pihak dalam pelaksanaan vaksinasi," kata Isran Noor yang juga Ketua Ika Unmul.

Sedikitnya sebanyak 2.200 dosis vaksin siap di suntikkan untuk dosis ke-1 hari ini dan akan dilanjutkan 1 bulan kedepan untuk dosis ke-2. Adapun vaksinator yang terlibat berasal dari Rumah Sakit Tentara, universitas Mulawarman dan Puskesmas Samarinda.

Tak hanya itu, sejumlah anggota tni diterjunkan untuk membantu penyelenggaraan serta mengarahkan masyarakat selama vaksin. Keterlibatan TNI dalam vaksinasi ini merupakan bentuk peringatan hari ulang tahun TNI ke-76, sekaligus Dies Natalis Unmul ke-59.

IKA Unmul juga akan terus mengagendakan vaksinasi massal sebagai bentuk aksi menekan penyebaran Covid-19 di Samarinda, Kalimantan Timur.

Ketua Geber IKA Unmul Hj Ismiati menjelaskan vaksinasi ini kerjasama Geber IKA Unmul dengan Poltekes Kaltim melaksanakan vaksinasi 2.200 dosis (Sinovac) untuk tahap satu.

Kegiatan ini merupakan upaya mendukung program nasional dalam rangka mewujudkan herd Immunity 70 persen, khususnya di Provinsi Kaltim.

Sementara itu Supriadi Direktur Poltekkes Kaltim, diberi tugas oleh kementerian Kesehatan RI untuk membantu percepatan vaksinasi di daerah masing-masing, ada 38 Poltekkes di Indonesia sejak bulan Juli 2021 mendapat tugas percepatan vaksinasi.

“Alhamdulillah, Vaksinasi hari ini bekerjasama dengan Ika Unmul dengan sebanyak 2.200 dosis 1 untuk warga Samarinda kemudian  1 bulan kedepan untuk dosis 2 nya, semoga hari ini vaksinasi berjalan lancer,” tutur Supriyadi.

Vaksinasi massal ini juga sangat bermanfaat untuk persiapan perkuliahan tatap muka. Vaksinasi ini juga mendapat apresiasi dari mahasiswa, lantaran sangat menantikan perkukiahan tatap muka.

Santi mahasiswi Unmul yang mengikuti kegiatan vaksinasi Ika Unmul merasa sangat senang bisa divaksin, karena memenag sudah lama ia menantikan vaksinasi kepada mahasiswa. mengingat syarat perkuliahan tatap muka adalah mahasiswa sudah divaksin minimal dosis 1.

“Syukur Alhamdulillah saya akhirnya sudah di vaksin dosis 1, karena dengan sudah divaksin saya bisa mengikuti perkuliahan tatap muka yang jujur lebih dari perkuliahan online daring,” ujar perempuan berhijab ini. (hel)