Kejar Vaksinasi Covid 19, Bupati Kumpulkan Camat dan Walinagari

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. Ist

 

 

 

Limapuluh Kota, Singgalang

Masih rendahnya tingkat partisipasi vaksin di Limapuluh Kota, mendatangkan keprihatinan pemerintah daerah. Untuk itu, bupati ingin memacu target capaian vaksinasi Covid-19, dalam rangka meningkatkan herd immunity bagi masyarakat. Sehingga mata rantai penyebaran Covid-19 bisa diputus dan pandemi ini bisa segera berakhir did aerah itu.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, mengumpulkan walinagari, camat serta OPD terkait, untuk membicarakan dan berkoordinasi terkait keinginan itu. "Kita tidak boleh abai, kami minta kepada seluruh stakehokder termasuk camat, walinagari sampai wali jorong untuk berkordinasi bersama pihak terkait untuk jemput bola. Kalau perlu kita lakukan door to door, agar pada akhir tahun 2021 bisa dicapai 80 persen target masyarakat selesai diberikan vaksinasi," ujarnya, dihadapan peserta rapat koordinasi, yang dilakukan di aula kantor Bupati Limapuluh Kota, Selasa, (12/10).

Menurutnya, untuk mengoptimalkan target capaian vaksinasi hingga ke nagari bahkan sampai ke tingkat jorong, perlu ditetapkan beberapa langkah dan strategi. Termasuk optimalisasi dan relisasi 8 persen dana desa untuk penanggulangan Covid-19 ini. "Kami menginginkan vaksinasi ini datanya setiap hari. Pada walinagari kita sampaikan, mari dukung program pemerintah. APBD kita tergantung transfer pusat, kalau kinerja penanganan Covid-19 tidak bagus, tentu akan berimbas kepada dana desa atau nagari," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota Hj. Tien Septino, mengatakan, total sasaran vaksinasi Covid-19 untuk Kabupaten Limapuluh Kota sampai 31 Desember 2021 sebanyak 310.598 jiwa. Sementara yang sudah terealisasi baru sekitar 94.895 jiwa. Untuk itu, diperlukan kerjasama semua pihak. Terutama dengan mengoptimalkan tenaga vaksinator minimal dua tim per puskesmas yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota. "Sekarang kita lebih banyak mobile ke nagari nagari bahkan jorong. Dengan mendatangi pasar-pasar tradisional yang ada, maupun mesjid dan surau. Sehingga target sebanyak 6.583 jiwa per hari dapat kita capai dengan dibantu oleh TNI dan Polri maupun dinas terkait," ucapnya.

Dikatakan, untuk bisa mencapai target vaksinasi ini, sebelumnya Pemkab Limapuluh Kota juga telah menggelar gebyar vaksinasi selama dua hari. Selain itu, Satgas Covid-19 juga telah melakukan pendataan sekolah-sekolah yang belum melaksanakan vaksinasi. "Dimana sekolah-sekolah yang persentase vaksinasinya masih rendah, didata dan dilaksanakan vaksinasi ditempat itu. Kemudian juga disiapkan lebih kurang 200 orang vaksinastor, dalam rangka mengejar target vaksinasi ini," katanya. 207

 

 

kode 207 ditulis oleh Jeffry Ricardo Magno