RSUD Rasidin Nihil Pasien Covid-19, Kasus Positif Korona Melandai

PAPARAN: Direktur RSUD Rasidin dr. Herlin Sridiani memaparkan informasi terkait perkembangan RSUD di Media Center Balaikota Aiepacah, Rabu (13/10). IST

 

Aiepacah, Padek---Kasus Covid-19 di Kota Padang terus mengalami penurunan. Bahkan dalam dua hari ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rasidin tidak lagi merawat pasien Covid-19.

Hal itu dikatakan Direktur RSUD Rasidin dr. Herlin Sridiani di Media Center Balaikota Aiepacah, Rabu (13/10). Ia berharap kondisi tersebut bisa bertahan lama.

Alhamdulillah, sudah dua hari ini kita zero pasien Covid-19,” ungkap Herlin.

Ia menyebut, sejak awal terjadi pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu hingga akhir September 2021, RSUD sudah melayani sebanyak 1.522 pasien positif Covid-19. Mulai dari gejala ringan hingga gejala berat.

Meski saat ini tidak ada pasien positif Covid-19 yang dirawat, namun pihaknya tetap melayani rawatan jika ada pasien Covid-19.

”Kita masih punya fasilitas rawatan untuk pasien Covid-19. Gedung di bagian belakang kita  kondisikan untuk merawat pasien Covid-19,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika ada kasus Covid-19 lagi, tim medis siap menangani kasusnya. RSUD tetap melakukan skrining kepada pasien yang masuk IGD maupun pasien poli.

Alurnya saat pasien masuk IGD yang akan dirawat akan dilakukan tes rapid antigen dan ditempatkan di zona kuning. Keesokan harinya pasien akan dilakukan swab PCR sebanyak dua kali.

”Jika hasilnya negatif, pasien akan ditempatkan di zona hijau, namun jika positif maka akan ditempatkan di zona merah,” jelasnya.

Di poliklinik juga begitu, jika seandainya ada indikasi pasien mengarah Covid-19 yang dilihat dari gejala-gejalanya maka pasien akan dilakukan rapid antigen.

Sekaitan tenaga kesehatan yang dikontrak saat pandemi Covid-19, sampai saat ini masih memberikan pelayanan terhadap pasien. Mereka ini ditempatkan di IGD, poliklinik, ICU dan rawatan.

”Jadi tidak ada tenaga medis yang kita rumahkan. Jumlahnya dokter ada sekitar 20-an orang dan perawat 35 orang,” sebutnya.

Sementara itu, dari data Dinas Kesehatan Kota Padang, Rabu (13/10) terdapat 5 kasus baru. Di sisi lain terdapat tambahan 7 kasus sembuh.

Sisa kasus konfirmasi sebanyak 40 kasus, 36 kasus di antaranya adalah kasus konfirmasi bergejala (9 kasus dirawat, 27 kasus isolasi) 4 kasus merupakan kasus konfirmasi tanpa gejala (0 kasus dirawat dan 4 kasus isolasi).

Untuk total kasus positif Covid-19 di Kota Padang tercatat sebanyak 42.133 kasus. Sedangkan total kasu sembuh 41.541 kasus dan total kasus meninggal 552 orang. (eri)