Didorong, Vaksinasi Covid-19 Anak Usia SD di Solo

Ilustrasi vaksinasi siswa SD/Solopos

 

SOLO—Sejumlah pihak mendorong program vaksinasi untuk anak usia sekolah dasar (SD) segera dilakukan. Hal itu menyusul makin banyaknya SD yang menggelar pertemuan tatap muka (PTM) terbatas di masa pandemi Covid-19. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo mulai ancang-ancang mendata siswa yang bakal mendapatkan program vaksinasi.

Informasi yang dihimpun Espos, Pemkot Solo saat ini masih fokus menyelesaikan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia remaja (12-17 tahun). Program tersebut sudah mendekati tahap akhir sehingga vaksinasi diharapkan segera bergulir untuk siswa SD/sederajat. “Sejauh ini memang belum ada rekomendasi vaksinasi untuk anak usia 12 tahun ke bawah. Namun kami berharap program tersebut dapat segera diagendakan,” ujar Wakil Ketua PGRI Solo, Sugiaryo, saat dihubungi Espos, Jumat (1/10/2021).

Sugiaryo mengatakan adanya vaksinasi siswa bakal menambah keamanan belajar dalam PTM terbatas. Apalagi seluruh guru dan tenaga kependidikan di Kota Bengawan telah divaksin. Pihaknya mengatakan vaksinasi pelajar krusial mengingat jumlah SD yang akan menggelar PTM bakal semakin bertambah. Hingga tengah pekan ini, 159 dari 244 SD di Solo telah melakukan PTM terbatas. “Vaksin memang bukan satu-satunya cara untuk menangkal Covid-19, tapi paling tidak hal ini menambah kenyamanan semuanya saat pembelajaran.”

Kabid SD-SMP Disdik Solo, Abdul Haris Alamsah, telah mendengar rencana program vaksinasi untuk siswa SD. Sejauh ini pihaknya menyebut baru anak SD berusia 12 tahun yang telah difasilitasi vaksinasi bersama siswa SMP dan SMA. Haris mengatakan Disdik sudah berancang-ancang menyambut vaksinasi siswa SD secara keseluruhan dengan pendataan. “Rencana memang ada. Sekarang kami telah nyicil menyiapkan datanya,” ujar Haris saat ditemui Espos di ruang kerjanya.

Kepala Dinas Kesehatan Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan pihaknya masih fokus menyelesaikan vaksinasi pelajar berusia 12-17 tahun. Ning, sapaan akrabnya, menyebut hampir semua pelajar di rentang usia itu telah divaksin. Hal itu setelah Pemkot melakukan percepatan vaksinasi dengan menunjuk 17 puskesmas, 16 rumah sakit dan tujuh tempat lain untuk lokasi penyuntikan. “Mungkin sekarang tinggal sedikit yang belum divaksin. Target kami pekan ini vaksinasi usia 12-17 tahun selesai,” ujarnya dalam Focus Group Discussion (FGD) Virtual Solopos bertajuk Evaluasi PTM dan Vaksinasi Pelajar, Jumat sore.