Peduli Dampak Pandemi Kodim Salurkan Bantuan Tunai Untuk PKL

Ist

 


MOMENTUM,Bandarlampung-- Komando Distrik Militer 0410/KBL salurkan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung atau BTP-KLW di Markas Kodim 0410/KBL Jalan Imam Bonjol, Bandarlampung, Rabu (13-10-2021)
Sebanyak 2.700 warga Bandarlampung menerima Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung atau BTP-KLW sebesar Rp1,2 juta. 
Komandan Kodim (Dandim) 0410/KBL, Kolonel Inf Romas Herlandes mengatakan, penyerahan bantuan dibuka langsung oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi melalui video conference bersama dengan seluruh jajarannya.
“Kami melaporkan ada sebanyak 2.700 peserta di wilayah Kodim 0410/KBL dan sudah terverifikasi. Kerjasama dengan Pemkot dan Polri untuk meminimalisir adanya duplikasi,” ujarnya.
Dandim menuturkan, BPT-KLW merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang berada di wilayah PPKM level IV dan terdampak pandemi Covid-19.
“Kriteria penerima BTPKLW adalah pedagang atau pelaku usaha mikro, dikhususkan kepada pelaku PKL dan warung yang belum menerima bantuan BPUM. Penyalurannya dilakukan bertahap untuk menghindari adanya kerumunan,” kata Romas Herlandes.
Dandim berharap sinergitas antara TNI-Polri dan pemerintahan dalam penyaluran BTP-KLW bagi masyarakat dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional dan juga percepatan pembentukan herd immunity. 
“Untuk mempercepat cakupan vaksinasi, jadi warga yang menerima bantuan tapi belum divaksin bisa vaksin dulu di gerai vaksin Kodim 0410/KBL. Setelah itu, jika kondisinya memungkinkan untuk disuntik, baru bantuannya diberikan,” tuturnya.
Salah satu warga Tanjung Agung, Lasmi (83) mengatakan, bantuan tersebut didapatkannya atas pendataan yang dilakukan oleh aparat lingkungan tempat tinggalnya dari Babinsa Kodim 0410/KBL.
“Karena saya tinggal sendirian, suami saya sudah meninggal dan tidak memiliki anak dari sejak menikah, sehingga mendapat bantuan ini. Sehari-hari kerja keliling dagang kue di sekitar pasar Tugu,” ungkapnya
Dia mengaku sangat terbantu dengan adanya program bantuan BTP-KLW, dan mengaku uang yang diterima akan digunakan untuk bertahan hidup. 
“Terima kasih atas bantuannya, nanti uangnya buat tambahan usaha kecil-kecilan di rumah. Jadi saya nggak keliling-keliling lagi jual kue,” ucapnya.(iwd)