Polda Lakukan Vaksinasi untuk Masyarakat, Lebih dari 1.000 Vaksin Telah Diberikan

Kapolda Bengkulu didampingi Kabbid Dokkes memantau proses vaksinasi kepada masyarakat di Kabupaten Bengkulu Tengah, Kamis (3/6)/Bengkulu Ekspress-Ist

 

BENGKULU, BE - Biddokkes Polda Bengkulu melanjutkan vaksinasi untuk masyarakat di Provinsi Bengkulu, Kamis (3/6). Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono MSi, memantau langsung proses vaksinasi tersebut. Kali ini dilakukan di Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu. Proses vaksinasi dilakukan serentak di tiga lokasi, diantaranya Puskesmas Pekik Nyaring dan Puskesmas Kembang Sri Kabupaten Bengkulu Tengah dan Masjid Muhajirin, Kelurahan Bumi Ayu Kota Bengkulu. 

"Hari ini, Kamis (3/6) dilakukan serentak di tiga lokasi. Tadi, Pak Kapolda langsung memantau kegiatan agar berlangsung maksimal," jelas Kabid Humas.

Vaksinasi ini melibatkan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Bengkulu Tengah, Biddokes Polda Bengkulu, Puskesmas Kembang Sri. Rumah Sakit Bhayangkara dilibatkan sebagai vaksinator. Vaksin yang disiapkan jenis Sinovac lebih dari 200 dosis. 

Masyarakat cukup antusias menerima vaksin di tiga lokasi tersebut, terutama para lansia. Berkenaan Bhabinkamtibmas setempat terlebih dulu memberikan imbauan dan sosialisasi sebelum vaksinasi dilakukan. Mereka mengajak masyarakat tidak takut menerima vaksin, karena vaksin tidak ada efek samping. Jika diberikan sesuai dosis dan prosedur. Aparat kepolisian juga mengimbau sebelum diberikan vaksin terlebih dulu setiap warga diperiksa kesehatannya. Untuk memastikan bisa menerima vaksin atau tidak. 

"Masyarakat antusias, karena ini kan salah satu cara untuk mencegah penyebaran covid-19," imbuh Kabid Humas.

Vaksinasi yang dilakukan Biddokkes Polda Bengkulu, tidak hanya sekali. Sebelumnya, Biddokkes Polda Bengkulu, telah melakukan vaksinasi di Kabupaten Seluma, pada akhir Mei 2021. Sudah lebih dari 1.000 dosis vaksin telah diberikan kepada masyarakat. Terdiri dari 591 astra zaneca dan 411 vaksin sinovac diberikan. Nantinya kegiatan vaksinasi covid untuk masyarakat akan terus berlanjut. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan Biddokes Polda Bengkulu terhadap suksesnya program vaksinasi nasional. 
Disisi lain, masyarakat juga diajak untuk melakukan vaksin agar menerima kekebalan di lingkungan tempat tinggal.

"Kegiatan tidak berhenti sampai disini saja. Kita bekerja sama dengan Dinkes bakal melanjutkan vaksinasi di lokasi lainnya. Karena, vaksinasi ini, selain untuk mendukung program vaksinasi nasional. Tujuan lain untuk mempercepat penanggulangan covid-19 di Provinsi Bengkulu," ujar Kabbidokkes Polda Bengkulu, Kombes Pol dr I Gusti Agung Ayu Diah Yamini Darsika SP THT-KL. (167)