Bluebird Menerapkan Prokes pada Vaksinasi Pengemudi dan Lansia

Vaksinasi drive thru di Pool Bluebird, Jakarta pada Jumat, 5 Maret 2021. (Foto : Bluebird)

 

PT Blue Bird Tbk bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan DKI melaksanakan program vaksinasi bagi para lansia dan pengemudi Bluebird Group sebagai garda terdepan dalam memberikan layanan transportasi publik pada Jumat-Sabtu pekan ini. Kegiatan ini mengutamakan penerapan protokol kesehatan (prokes) dan gerakan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Sekitar 1.500 orang yang terdiri dari pengemudi dan lansia dari Bluebird Group berpartisipasi dengan melalui metode drive thru guna memastikan proses vaksinasi berjalan dengan mudah dan nyaman. Sebagai bagian dari pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility), khususnya dalam mendukung pemerintah melaksanakan vaksinasi massal agar segera tercapai herd immunity (kekebalan massal) pandemi Covid-19,

Kegiatan vaksinasi dilakukan di pool Bluebird yang berlokasi di Jalan Mayjend Sutoyo, Jakarta, yang menyertakan pengemudi serta mengajak orang tua masing-masing (lansia) untuk turut melakukan vaksinasi. Langkah ini juga merupakan awal dari keseluruhan proses vaksinasi, yang diharapkan pada pertengahan tahun ini semua pengemudinya telah mendapatkan vaksinasi.

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, mengapresiasi Bluebird Group atas inisiatif dalam melakukan kerja sama dengan Kementerian Kesehatan, untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi massal bagi lansia dan pengemudi transportasi publik. Hal ini juga sejalan dengan langkah pemerintah dalam menempatkan pengemudi sebagai golongan yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi; sehingga langkah yang dilakukan Bluebird diyakini sangat membantu pemerintah untuk sesegera mungkin mencapai kondisi herd immunity.

Sementara itu, Ketua Umum Serikat Pekerja Perusahaan Bluebird Group (SPPBG), Radjan Marzuki menyampaikan pihaknya yang mewakili pengemudi Bluebird Group turut mengapresiasi Kementerian Kesehatan dan Manajemen Bluebird Group terhadap kepeduliannya kepada para pengemudi. “Dengan penerapan protokol kesehatan sebagai salah satu standar operasional perusahaan, serta dengan dimulainya pengemudi yang mendapatkan vaksinasi, kami berharap para penumpang dan khususnya pelanggan setia Bluebird Group akan semakin merasa aman dan nyaman saat bepergian bersama layanan kami,” ujar Marzuki dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (5/3/2021).

Sejak berkembangnya pandemi Covid-19, Bluebird telah menerapkan serangkaian protokol dan SOP khusus dalam menanggulangi penyebaran Covid-19, mulai dari pembersihan menyeluruh armada setiap selesai beroperasi, penggunaan masker oleh pengemudi, memastikan para pengemudi yang beroperasi berada dalam kondisi fit, hingga penyediaan hand sanitizer berbasis alkohol di setiap kendaraan yang memberikan perlindungan dan ketenangan kepada para penumpang dan pengemudi.

Di satu sisi, kerja sama vaksinasi massal antara Bluebird dengan Kementerian Kesehatan disambut sangat baik oleh para pengemudi Bluebird Group mengingat tingginya mobilitas dari pengemudi dalam memberikan layanan transportasi yang aman dan nyaman kepada masyarakat. “Kami sangat senang dan antusias, dimana kami sebagai pengemudi beserta orang tua lansia kami diikutkan pada program vaksinasi hari ini. Harapannya adalah ini menjadi awal yang baik hingga seluruh pengemudi Bluebird Group dapat menerima vaksin,” tambah Marzuki.

Setelah vaksinasi bagi lansia dan pengemudi, Bluebird akan terus melakukan penjajakan dari kemungkinan pelaksanaan kegiatan vaksinasi bagi lansia dan pengemudi di area atau kota lain lantaran wilayah operasional di 18 kota besar di Indonesia.

Pengemudi Divaksin

Wildan telah memasuki tahun ke-8 sebagai pengemudi Bluebird, menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah melalui Kementerian Kesehatan. “Terima kasih kepada pemerintah karena telah menempatkan pengemudi sebagai salah satu profesi yang menerima vaksin, sehingga mampu meningkatkan kepercayaan diri dan ketenangan bagi kami para pengemudi dalam melayani masyarakat. Selain untuk kebaikan terhadap diri sendiri dan juga masyarakat luas sebagai pengguna layanan Bluebird, yang tak kalah penting vaksin ini juga memberikan perlindungan ekstra bagi para anggota keluarga yang di rumah,” ujar Wildan.

Senada dengan Wildan, Bambang (pengemudi Bluebird pool Buncit) turut ikut serta pada program vaksinasi dengan membawa orang tua. “Saya bersyukur atas kesempatan yang diberikan sehingga orang tua saya juga mendapatkan vaksin hari ini. Hal ini tentunya akan memberikan ketenangan ekstra sembari saya melayani pelanggan, orang tua di rumah juga sudah pernah menerima vaksin,” ungkap Bambang.

Bambang mengatakan penerimaan vaksin ini tidak mengendurkan penerapan protokol kesehatan dengan tetap rutin mencuci tangan dan penggunaan masker. Bahkan, dia bersemangat untuk dapat menjadi komunikator dan berbagi cerita ke penumpang akan pengalamannya dalam menerima vaksin serta pentingnya partisipasi di program vaksinasi agar pandemi segera cepat berakhir.(*)

www.swa.co.id