Update Corona Sumba Timur: Pemda Melalui Gugus Tugas Sumtim Kembali Kirim 31 Sampel ke Kupang

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Domu Warandoy

 

UBAHLAKU, SUMBA TIMUR-- -- Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Sumba Timur kembali mengirim 31 sampel atau spesimen swab ke Kupang. Sampel swab ini akan diperiksa di Laboratorium Biologi Molekuler RSUD Prof WZ Johannes Kupang.

Informasi yang diperoleh, Sabtu  (5/12/2020) menyebutkan, gugus tugas mengirim lagi 31 sampel swab ke Kupang.  Sampel-sampel ini merupakan sampel dari kontak erat dengan pasien positif Covid-19 di Sumba Timur.

Sampel yang dikirim juga adalah hasil  pelacakan dari  gugus tugas dan dikirim untuk   diperiksa secara real time  Polymerase Chain Reaction (PCR) di Laboratorium Biologi Molekuler RSUD Prof. WZ. Johannes Kupang.


Sementara data dari Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba menyebutkan, total sampel yang dikirim sampai saat ini sebanyak 1.421 sampel.

Dari 1.421 sampel itu, hasil laboratorium menyatakan 47 sampel positif dan 1.311 sampel negatif. Sampel yang belum ada hasil sebanyak 63 sampel.

Saat ini tidak ada  pasien  positif Covid-19 di Sumba Timur. 

Total pasien positif Covid-19 di Sumba Timur sampai saat ini sebanyak 32 orang, 30 orang sembuh, dua orang meninggal dunia.

Pelaku perjalanan saat ini sebanyak 24.804 orang dengan penambahan 102 orang pada Sabtu  (5/12/2020).
Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Domu Warandoy sebelumnya mengatakan, tim gabungan terus memantau dan mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan.

 

"Walaupun sudah tidak ada kasus positif, tapi protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan," kata Domu.

 Dikatakan, upaya paling mudah dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19, yakni dengan taat melakukan 3 M, yaitu  memakai masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.(Laporan Reporter POS -KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)