Capaian Vaksinasi Rendah, Jabatan Camat di Rohul Terancam

Engki Prima Putra/Harian Riau Pos

 

Target Capaian Vaksinasi Covid- 19 Rendah

Bupati Akan Evaluasi Jabatan Camat di Rohul

PASIRPENGARAIAN (RP)-Bupati Rokan Hulu H Sukiman menyebutkan hingga saat ini, pemerintah daerah, TNI, Polri dan instansi terkait yang tergabung didalam Tim Satgas Penanganan Covid- 19, komitmen melakukan upaya percepatan capaian vaksinasi Covid- 19 di Kabupaten Rohul.

     Dengan menargetkan, capaian cakupan Vaksinasi Covid- 19 di 16 kecamatan se Rohul pada 20 Desember mendatang, masing-masing bisa diatas 50 persen.

     Orang nomor satu Rohul itu menginstruksikan seluruh Camat di 16 kecamatan, agar menjadi perhatian, terhadap warganya yang belum di suntik vaksin. Bagi kecamatan yang rendah serapan vaksinasinya, agar menjadi perhatian bagi Camat dan Kades, harus intens mendata ulang warganya yang belum divaksin, sehingga target sasaran masyarakat yang divasin bisa dipercepat.

     ‘’Kita menargetkan capaian vaksinasi Covid- 19 di masing-masing 16 kecamatan se Rohul bisa mencapai diatas 50 persen hingga 20 Desember mendatang. Jika target cakupan vaksinasi masih rendah dan tidak tercapai, jabatan Pak Camat kita evaluasi,’’ ungkap Bupati Rohul H Sukiman saat memimpin rapat koordinasi penanganan Covid- 19 dan Percepatan Vaksinasi bersama Tim Satgas Covid- 19 di Pendopo rumah dinas bupati, Selasa (23/11).

     Orang nomor satu Rohul itu menunjukan keseriusannya, untuk mengejar target capaian vaksinasi Covid- 19 kepada sasaran masyarakat di 16 kecamatan untuk di vaksin.

     Dibuktikan, pada hari libur Sabtu (20/11) lalu, turun kelapangan menjumpai masyarakat door to door, dengan berjalan kaki dari rumah ke rumah warga di Kelurahan Kepenuhan Tengah, Kecamatan Kepenuhan untuk disuntik vaksin langsung di depan rumah warga.

     Bupati mendatangkan langsung Tim Vaksinator Covid- 19 dalam kegiatan vaksinasi massal yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Riau bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Rohul. Sebab, dengan telah disuntik vaksin, dapat meningkatkan herd immunity ditengah masyarakat Rohul, sehingga jika terpapar Covid- 19 resikonya sangat kecil.

     ‘’Mari kita tingkatkan cakupan Vaksinasi Covid- 19 di Kabupaten Rohul. Bagi masyarakat yang belum di vaksin dapat mendatangi Puskesmas yang ada di wilayah termpat tinggalnya. Sebab, capaian vaksinasi Covid- 19 sangat menentukan penetapan status level PPKM di Rohul. Syukur Alhamdulilah, Rohul yang sebelumnya level 3, kini turun ke Level 2. Dengan percepatan pelaksanaan Vaksinasi Rohul bisa kembali ke Zona Hijau,’’ katanya.

     Sukiman mengajak seluruh elemen dan komponen masyarakat agar bersama-sama untuk mendukung program vaksinasi nasional di Rohul. Dengan adanya kerja sama dalam pencegahan Covid- 19 dan meningkatkan serapan vaksinasi, dapat mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid- 19 di Rohul, jika masyarakat tetap disiplin mematuhi Protokol Kesehatan dalam setiap melakukan aktifitas. (epp)