Lounching Aplikasi BSR, Kapolda Puji Penanganan Covid- 19 di Rohul

Engki Prima Putra/Harian Riau Pos

 
Kapolda Puji Kinerja Satgas Covid- 19 Rohul Cukup Bagus
 
*Lounching Aplikasi BSR
PASIRPENGARAIAN (RP)-Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SIK MSi memuji kinerja dan kerja keras Tim Satgas Penanganan Covid- 19 Kabupaten Rokan Hulu yang dinilai cukup baik dalam penanganan dan pengendalian Covid- 19 di daerah yang dikenal dengan julukan Negeri Seribu Suluk.
 
Tentunya dengan adanya kolaborasi dan koordinasi serta kerjasama yang baik  pemerintah, TNI, Polri dan elemen masyarakat, pandemi Covid- 19 dapat diatasi secara bersama di Rohul.
 
"Untuk Penanganan dan pengendalian Covid-19 serta cakupan Vaksinasi di Kabupaten Rohul sudah berjalan cukup bagus. Semuanya berjalan dengan baik," ujar Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SIK MSi didampingi Bupati Rohul H Sukiman kepada wartawan, Senin (1/11), usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar Polres bekerjasama dengan Dinas Kesehatan di Taman Kota Pasirpengaraian.
 
Disela-sela peninjauan vaksinasi massal, Kapolda Riau bersama Bupati Rohul menyapa para lansia dan pelajar yang telah hadir sejak pagi menjadi peserta vaksinasi  dengan target 2 ribu orang yang dilaksanakan di empat titik.
 
Orang nomor satu Polri di Riau itu dengan senyuman khasnya memberikan edukasi kepada masyarakat terkai vaksinasi yang kini gencar dilaksanakan pemerintah yang didukung oleh Polri dan TNI dalam upaya mencapai Herd Immunity sebagai antisipasi potensi lonjakan gelombang ketiga Covid- 19.
 
“Dengan telah vaksin, akan membentuk kekebalan kelompok dan kuat, sehat serta  halal.Kemungkinan resiko tertular Covid- 19 cukup kecil," sebutnya.
 
Kapolda menyampaikan dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Rohul, dirinya baru saja melaunching aplikasi berbasis teknologi Bersama Selamatkan Riau (BSR) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul.
 
Aplikasi BSR yang digagas Polda Riau ini lanjutnya, salah satu konsep untuk mengkolaborasikan tugas-tugas dalam penanganan Covid- 19. Disamping dapat  mengantisipasi lonjakan potensi gelombang ketiga Covid- 19 di Kabupaten Rohul
 
“Dengan cara berkolaborasi yang terukur yang terarah, kita yakin akan bisa menangani pandemi Covid- 19 lebih efektif dan efisien,” jelasnya.
 
Diakuinya Tim Satgas dalam proses penanganan Covid- 19 sudah berjalan baik Karena pada kunjungannya bersama Gubernur Riau H Syamsuar beberapa waktu lalu ke Rohul sampai saat ini angka kasus terkonfirmasi positif Covid- 19 hanya tinggal 8 orang. 
 
Tentunya pasien terkonfirmasi yang kini dirawat di rumah sakit maupun isolasi mandiri, benar benar di obati sampai sembuh. Dengan harapan, Kabupaten Rohul ini bisa kembali ke Zona hijau.
 
""Sekarang ini, bagaimana upaya bersama terus meningkatkan capaian kekebalan kelompok masyarakat yang harus di vaksin.  Dengan masih rendahnya cakupan vaksinasi di Rohul warga yang belum di vaksin Hingga 70 persen, bukan suatu kegagalan," katanya.
 
Kapolda mengatakan, perlu upaya dan langkah bersama yang dilakukan, dengan bersatu padu dengan menjalankan Aplikasi BSR. Dengan harapan bisa bekerja secara bersama, baik Tracer, Nakes, Babhinkamtibmas, Babinsa,Kapolsek, Danramil melakukan evakuasi pasien terkonfirmasi ke rumah sakit atau puskesmas dengan memberikan obat.
 
Tentu usaha ini, lanjutnya untuk mengejar  penanganan pasien terkonfirmasi positif Covid- 19 yang komperhensif, tentu hasilnya sangat tergantung dari usaha yang dilakukan bersama.
 
"Semoga dengan memamfaatkan Aplikasi BSR,  Rohul lebih maju dan bersma secara terpadu bahu membahu menangani Covid- 19.  Saya yakin bila penanaganan terpadu dan bersatu, hasilnya bisa maksimal dan optimal," sebutnya.
 
Kapolda mengatakan 8 pasien terkonfirmasi positif Covid- 19 yang kini di rawat di rumah sakit atau isoman, agar diberi obat yang paling manjur. "Mohon doa dari Ahli Agama, Kyai, agar usaha kita bersama dikabulkan. Kita yakin semua dalam memerangi pandemi dengan kebersamaan kita bisa selesai tuntas penanganan Covid- 19. Dengan bersatu padu melaksanakan aplikasi BSR sebaik baiknya, semoga Allah SWT meridhoi," tambahnya.
 
Bupati Rohul H Sukiman memberikan apresiasi atas peluncuran aplikasi berbasis teknologi BSR oleh Kapolda Riau di Rohul.
Tentunya ini suatu penghormatan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul, atas perhatian dan dukungannya dalam penanganan dan pengendalian Covid- 19 di daerah yang di juluki Negeri Seribu Suluk.
 
Diakuinya, pemerintah daerah mendukung penuh untuk menjalankan Aplikasi BSR yang dinilai telah teruji dalam upaya penanganan dan pencegahan penularan Covid- 19 di Provinsi Riau.
 
"Kita berharap dengan adanya aplikasi BSR yang baru saja di Launching Pak Kapolda Riau, dapat memaksimalkan penanganan pasien terkonfirmasi positif Covid- 19 yang berkolaborasi secara bersama antara Pemkab, TNI, Polri dan instansi terkait dalam mengantisipasi lonjakan gelombang ketiga Covid- 19 di Rohul,'' ujarnya.
 
Diakuinya, kehadiran Kapolda Riau membawa berkah bagi masyarakat di Bumi Lancang Kuning khususnya Rokan Hulu, atas inovasi dan gagasannya menciptakan aplikasi dashbord Lancing Kuning untuk memaksimalkan penanganan Karhutla.
 
Dilanjut pada siang ini (Senin red), beliau melaunching aplikasi BSR." Kita berikan apresiasi atas Gagasan aplikasi penanganan karhutla, menciptakan dashbor lancang kuning dan launching BSR. Bersyukur kepada Allah, mudah-mudahan seterusnya aplikasi ini berjalan, Rohul zero titik api dan penanganan covid- 19 berjalan optimal hingga kembali ke zona hijau," jelasnya.
 
Dalam peluncuran aplikasi BSR yang digagas Polda Riau itu dilakukan bersama Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun MSi, Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah, Bupati Rohul H Sukiman, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, Wakil Bupati Rohul H Indra Gunawan.
 
Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Pj Sekda Rohul M Zaki SSTP MSi, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Rohul yang dipusatkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul.(epp)