Antisipasi Covid- 19 Saat Nataru, Batasi Mobilitas

engki Prima Putra/ Harian Riau Pos

 

Polres Batasi Mobilitas dan Pengamanan Tempat Ibadah

*Persiapan Hadapi Nataru 2022

PASIRPENGARAIAN (RP)-Dalam menghadapi Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, terutama mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus terkonfirmasi positif covid- 19.

     Polres Rokan Hulu beserta polsek jajaran dan instansi terkait akan melakukan langkah-langkah dan persiapan dalam waktu sebulan kedepan, agar libur Nataru mendatang masyarakat tetap bisa beraktifitas dengan aman.

     Kapolres Rokan Hulu AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK kepada wartawan, Kamis, (11/11) menyebutkan, persiapan yang dilakukan Polri pada liburan Nataru mendatang, secara nasional harus diantispasi agar tidak terjadi, adanya tambahan pasien terkonfirmasi positif Covid- 19.

     Langkah yang akan dilakukan Polres Rohul dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid- 19, rencananya akan melakukan pembatasan mobilitas masyarakat dan menigkatkan pengamanan di tempat rumah ibadah.

     Selain Polri akan melaksanakan kegiatan pengamanan Nataru dengan melaksanakan Operasi Lilin. ‘’Kita berharap nantinya, dinamika yang akan kita hadapi dalam sebulan kedepan, dapat dikelola dengan baik, sehingg angka kasus terkonfirmasi positif Covid- 19 semakin turun,’’ ujarnya.

     Dalam menghadapi terjadinya gelombang ketiga Covid- 19 pada Nataru mendatang, Mantan Kapolres Kepulauan Meranti itu akan memastikan, apakah status level di Kabupaten turun atau tidak.

     ‘’Kalau ternyata status PPKM di Rohul tetap lebvel 3, maka upaya kita meningkatkan lagi capaian vaksinasi dengan menggerakan seluruh elemen dan Dinas Pendidikan, Tokoh Agama, agar segera bisa untuk divaksinasi sasaran yang menjadi prioritas seperti anak sekolah dan Lansia,’’ sebutnya.

     Dengan mengoptimalkan lagi pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid- 19 di Kabupaten Rohul, Wimpiyanto berharap dengan adanya kegiatan penyekatan mobilisasi khususnya di pintu masuk atau perbatasan Kabupaten Rohul dengan kabupaten dan provinsi tetangga.

     ‘’Kita akan lakukan pengawasan setiap warga yang datang dari luar daerah ke Rohul, dengan mendirikan posko di pintu masuk di perbatasan. Warga yang boleh masuk ke Rohul, jika memenuhi syarat yang diketahui keterangan telah di vaksin atau hasil Swab PCR, antisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid- 19 dalam menghadapi Nataru di wilayah hukum Polres Rohul,’’ tegasnya.

     Kapolres mengimbau seluruh elemen dan komponen masyarakat agar tidak lengah terutama disiplin mematuhi Prokes, agar jangan sampai ada gelombang ketiga klaster Covid-19 pada Nataru mendatang di Kabupaten Rohul.

     Disamping itu, tempat ibadah harus menyiapkan kebutuhan sarana protokol kesehatan seperti masker, ketersediaan hand sanitizer, tempat cuci tangan dan lain sebagainya.

     ‘’Tentu sosialisasi terkait disiplin dalam mematuhi Prokes Covid- 19 harus ditingkatkan dari sekarang dan bagi yang belum disuntik vaksin, agar mendatangi Puskesmas dan gerai Vaksin Polri di Rohul. Sebagai ikhtiar dalam meningkatkan Herd Immunity. Sehingga pada libur Nataru mendatang, masyarakat kita tetap bisa beraktivitas dengan aman,’’ harapnya. (epp)