30 November 2021

Ditemukan Varian Baru Corona di Afrika, Tetap Waspada dan Disiplin Prokes

Pakar Kesehatan Elizabeth Jane Soepardi menjelaskan mutasi varian Omicron diperkirakan menjadi penyebab peningkatan kasus secara eksponensial di Afrika Selatan dalam 2 pekan terakhir. Varian baru ini sangat diantisipasi karena mutasi varian ini mencapai lebih dari 50 pada spike protein lebih dari 30.
30 November 2021

Atur Mobilitas Saat Nataru, Satgas Penanganan COVID-19 Keluarkan SE No. 24 Tahun 2021

Periode Natal dan Tahun Baru diprediksi meningkatkan aktivitas serta mobilitas masyarakat, baik untuk kegiatan hari raya keagamaan, keluarga, maupun wisata. Ini memberikan peluang bagi peningkatan laju penularan COVID-19 di masyarakat.
30 November 2021

Disiplin Kebersihan di Masa Pandemi Perlu Dukungan Lingkungan

SEMARANG -

Berdisiplin dalam kebersihan memerlukan dukungan dari lingkungan sekitar. Oleh karena itu, lingkungan harus ikut berperan serta dalam mendukung kedisiplinan dalam kebersihan tersebut. "Secara umum memang disiplin untuk kebersihan masih kurang, meskipun agama Islam mengajarkan tentang kebersihan, tapi karena lingkungan kurang mendukung, akhirnya kurang peka terhadap kebersihan," tutur KH Hanief Ismail.

30 November 2021

Jelang Natal dan Tahun Baru, Masyarakat Diimbau Tetap Waspada

Saat ini Indonesia masuk ke dalam fase di mana angka kejadian Covid-19 tidak meningkat. Seluruh masyarakat Indonesia diimbau untuk tetap waspada terhadap ancaman gelombang ketiga pandemi Covid-19, terutama saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru.
30 November 2021

Pengawasan Karantina Diperketat Cegah Omicron

Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah untuk memperketat pengawasan pelaksanaan aturan karantina di Indonesia untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 Varian Omicron.”Perketat pengawasan aturan karantina bagi pelaku perjalanan dari luar negeri,”ujarnya dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin. Hal itu, katanya, mengingat kasus Covid-19 Varian Omicron sudah terjadi di sejumlah negara di luar Afrika. Pengetatan karantina perlu dilakukan untuk semua suspek sebagai upaya deteksi dini dan mencegah masuknya varian baru di Indonesia.
30 November 2021

Gelombang Ketiga - Prediksi Kasus Covid-19 Menigkat 70-400 Ribu

Keputusan pemerintah meniadakan cuti bersama Natal 2021 dan Tahun baru untuk mencegah terjadinya lonjakan Covid-19, menuai pro dan kontrak. Namun tidak sedikit sebagian masyarakat mendukung kebijakan tersebut. Meski demikian, pemerintah tetap mengingatkan masyarakat untuk waspada dan tetap menjaga prokes sebagai upaya pecegahan Sementara menurut Ketua bidang data dan IT Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, pontensi peningkatan kasus aktif Covid-19 gelombang libur Natal dan Tahun baru diprediksi bisa mencapai 400 ribu dengan menggunakan skenario terburuk dan 70 ribu dengan skenario moderat. “Prediksi potensi kenaikan kasus Covid-19 dilakukan dengan menggunakan data dan variabel terkait penanganan COVID-19 yang ada di Indonesia dan dilakukan modeling dengan menggunakan kecerdasan buatan,”ujarnya di Jakarta, kemarin.
30 November 2021

Antisipasi Varian Baru Omicron Harus Sedini Mungkin

Meski angka penyebaran virus corona atau Covid-19 melandai, namum kewaspadaan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap dijaga dan tidak boleh kendor. Apalagi, saat ini muncul varian baru dari virus Corona. Oleh karena itu, pemerintah sendiri telah menerapkan beberapa kebijakan untuk menekan penyebaran varian baru tersebut.
30 November 2021

Varian Baru Omicron - Disiplin Prokes Jangan Kendor dan Tidak Euforia

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengoptimalkan pencegahan masuknya varian baru virus corona (COVID-19) melalui pintu-pintu masuk di antaranya pelabuhan dan bandara lebih ketat,”Yang utama tentu pencegahan di hulu dan di pintu masuk khususnya bandara, pelabuhan dan tempat umum," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Jakarta, kemarin. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga mengintensifkan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk bersama mencegah masuknya varian baru Covid-19, yakni Omicron dari sejumlah negara di Afrika. Di sisi lain, Dinas Kesehatan DKI juga menyiapkan upaya terbaik dalam pencegahan dan penanganan kasus tersebut. Meski begitu, dia menekankan kepada masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati soal penularan Covid-19 dan varian barunya. Riza mengingatkan selama libur panjang, selalu diikuti peningkatan kasus baru Covid-19.”Kita tidak boleh euforia, tidak boleh kendor, waspada pastikan disiplin patuh dan bertanggung jawab," kata Riza.
30 November 2021

Tingkatkan Waspada Pandemi - Masyarakat Tetap Harus Menjalankan Prokes

Meski kasus positif Covid-19 di Indonesia telah mengalami penurunan yang signifikan, namun hal tersebut bukanlah penanda jika kondisi sudah kembali pulih dan aman, masyarakat masih tetap harus waspada dengan selalu menjalankan prokes. Tanggung jawab dan kesadaran dari setiap individu masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan merupakan kunci untuk menekan angka penularan.
30 November 2021

Meningkat, Warga Vaksinasi Tahap Satu di Kebayoran Lama

Angka pencapaian vaksinasi COVID 19, membuktikan kesadaran masyarakat untuk melakukan suntik vaksin cukup tinggi, di wilayah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.